Aturan Penulisan

Petunjuk Bagi Calon Penulis
Jurnal Ilmu Pendidikan KAGI

1.    Naskah tulisan yang dikirim ke Redaksi belum pernah dipublikasikan di jurnal lain.
2.     Isi naskah adalah tentang ilmu pendidikan, baik hasil penelitian lapang maupun konseptual dan kajian pustaka.
3.    Naskah diketik dengan panjang 15-20 halaman pada kertas ukuran A4 (21 x 30 cm), berspasi dua dengan batas tulisan dari batas kertas 4 cm (atas), 4 cm (kiri), 3 cm (bawah), dan 3 cm (kanan). Abstrak/Abstract dan Daftar Rujukan diketik satu spasi. Naskah dalam bentuk soft copy diketik dengan MS Word yang disimpan dengan format .doc (yang dapat dibaca oleh semua versi MS Word).
4.  Naskah lengkap dikirim ke Redaksi Jurnal Ilmu Pendidikan KAGI satu bulan sebelum diterbitkan ke e-mail komitagi@gmail.com .
5.      Naskah ditulis dengan tata aturan sebagai berikut:
5.1. Judul, singkat memuat identitas subjek, indikasi tujuan studi, maksimal 14 kata, memuat kata kunci sebanyak 5-7 kata, istilah selain Bahasa Indonesia ditulis miring (italic).
5.2. Nama penulis, ditulis tanpa gelar, mencantumkan profesi dan instansi tempat kerja.
5.3. Abstrak, ditulis maksimal sebanyak sekitar 200 kata berupa uraian singkat tentang isi tulisan, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
5.4. Pendahuluan, berisi uraian latar belakang, alasan, pendekatan umum, dan tujuan dilakukannya penelitian.
5.5. Tinjauan Pustaka, berupa sumber dari teori-teori yang akan digunakan sebagai landasan dan alat untuk menganalisis data hasil penelitian dan hipotesis (jika ada).
5.6. Metode Penelitian, penjelasan mengenai alat, bahan, waktu, tempat, teknik, rancangan, percobaan, dan metode analisis data yang digunakan.  
5.7. Hasil dan Pembahasan, berupa penyajian data hasil penelitian dan pembahasannya, singkat dan padat disertai tabel, gambar, atau grafik, bila ada.
5.8. Simpulan dan Saran, merupakan hasil konkret dan tajam dari penelitian yang dilakukan. Sedangkan saran merupakan anjuran-anjuran yang berdasarkan hasil penelitian dan tindak lanjut pengembangannya.
5.9. Daftar Rujukan dan (Daftar) Lampiran, mencantumkan semua rujukan dan data lampiran berupa keterangan yang lazim, termasuk kuesioner atau daftar pertanyaan kepada responden/informan. Daftar Rujukan ditulis dengan sistem nama dan disusun nama penulisnya berurutan menurut abjad.
5.10 Format Daftar Rujukan:
5.10.1   Buku dengan format: [nama belakang penulis] <koma> [nama depan dan tengah penulis] <koma> [tahun terbit] <titik> [judul buku (dicetak miring)] <titik> [kota penerbit] <titik dua> [nama penerbit] <titik>
Jika tulisan lebih dari satu baris, maka sisanya menggantung dengan spasi kosong lima ketukan.
Contoh:

Winarso, Heru Puji, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Meningkatkan Profesionalitas Guru dan Dosen. Malang: UM Press dan Kominef.

5.10.2 Jurnal, dengan format: [nama belakang penulis] <koma> [nama depan dan tengah penulis] <koma> [tahun terbit] <titik> [judul artikel di jurnal (di antara tanda petik)] <titik> [nama jurnal (dicetak miring) dan volume <koma> dan nomornya] <koma> [halaman berapa sampai dengan berapa] <titik>
Contoh:

Kinney, W. R., 1992, “Issues in Accounting Research Design Education”, Critical Perspectives on Accounting, Vol. 3, No. 1, pp. 93-98.

5.10.3 Prosiding, dengan format: [nama belakang penulis] <koma> [nama depan dan tengah penulis, tanpa gelar] <koma> [tahun terbit] <titik> [judul prosiding (dicetak miring)] <titik> [kota penerbit] <titik dua> [nama penerbit] <titik>
            Contoh:
           
            Raharjo, Pujo, 2011. Perilaku Aparatur Birokrasi. Malang: Kominef Press.

5.10.4 Skripsi/Tesis/Disertasi, dengan format:  [nama belakang penulis] <koma> [nama depan dan tengah penulis, tanpa gelar] <koma> [tahun Skripsi/Tesis/Disertasi] <titik> [judul (di antara tanda petik)] <titik> [Tulisan Skripsi/Tesis/Disertasi (dicetak miring)] <titik dua> [nama perguruan tinggi] <koma> [kota tempat perguruan tinggi berada] <titik>
Contoh:

Suharyadi, Hary, 2009. “Gaya Komunikasi Aparatur Birokrasi Pemerintah Kota Malang”. Disertasi. Universitas Brawijaya, Malang.

5.10.4 Internet, dengan format: [nama belakang penulis] <koma> [nama depan dan tengah] <koma> [tahun] <titik> [judul artikel] <titik> <ganti baris> [alamat URL] <ganti baris> [tanggal akses] <titik>
            Contoh:

Duarte, Fernanda, 2010. “Social responsibility as organizational culture in a Brazilian mining company: a three-perspectival narrative”.
             Diakses tanggal 3 Mei 2012.

6.   Naskah dikirim ke e-mail komitagi@gmail.com untuk naskah soft copy¸ dan ke Kantor Jurnal Ilmu Pendidikan KAGI, Jalan Sunan Kalijaga 11A, Malang, Jawa Timur, Indonesia untuk naskah hard copy.
7.    Redaksi akan mengkoreksi setiap naskah yang dikirim dan memberikan saran-saran agar sesuai dengan aspek keilmuan dan metodologis serta gaya selingkung jurnal ini sebelum disetujui untuk dimuat.
8.     Naskah yang telah dikirim dan tidak dimuat di jurnal ini tidak akan dikembalikan.